Tips Jitu Menghadapi Komplain Pelanggan Dalam Bisnis Online

Tips Jitu Menghadapi Komplain Pelanggan Dalam Bisnis Online

Apabila Anda adalah seorang pebisnis onlie, pastinya Anda akan sering melakukan aktifitas bisnis secara online juga. Dalam mengelola bisnis yang baik,  mau itu bisnis online maupun offline, tentu akan menghadapi banyak karakter konsumen, dan dari sekian banyaknya konsumen tersebut, tentu ada saja yang kurang puas dengan pelayanan yang sudah Anda berikan. Komplain pelanggan seringkali terjadi pada sebuah bisnis online, contohnya saja toko online. Hal yang demikian ini bisa saja terjad kerena banyak faktor penyebabnya. Akan tetapi, saat Anda menemukan masalah tersebut ada beberapa tips untuk bisa menghadapi komplain pelanggan Anda. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk menghadapi konsumen atau pelanggan yang komplain.

Tips jitu hadapi komplain pelanggan dalam bisnis online

Jadilah pendengar yang baik

Langkah pertama yang bisa dilakukan saat menghadapi kemarahan atau pun ketidakpuasan pelanggan online Anda adalah dengan menjadi seorang pendengar yang baik. Cobalah dengarkan semua keluhan dan juga ketidakpuasannya, jangan sampai Anda memotong pembicaraannya, cara ini akan sedikit meredahkan emosi dari pelanggan Anda yang lagi marah.

Coba obati kekecewaan pelanggan dengan sesuatu

Perlu Anda tahu, walaupun Anda katakanlah dapat menyelesiakan permasalahan atau pun komplain pelanggan, tetapi sejatinya permasalahan tidak bisa berhenti sampai di situ saja. Saat ada pelanggan yang komplain, pasti akan dibarengi dengan adanya rasa kecewa yang cukup mendalam. Nah, kekecewaan ini dapat mengakibatkan bisnis online Anda terancam bila Anda tidak dapat mengatasi secara tuntas. Yang dikhawatirkan adalah kepercayaan pelanggan Anda akan hilang, dan yang jauh lebih berbahayanya bila mereka menyebarkan kekecewaannya terhadap orang lain.

Tawarkan beberapa solusi

Setelah mendengarkan komplain dari pelanggan Anda, dan keadaan sedikit mereda, maka coba untuk menawarkan beberapa solusi, jangan pernah Anda melakukan sanggahan terhadap komplain pelanggan untuk membela diri Anda sendiri. Anda bisa mencoba untuk mendiskusikan bersama masalah yang sedang menimpa pelanggan Anda, carilah solusi bersama-sama supaya sama-sama tidak ada yang merasa dirugikan.

Itulah tadi tips jitu menghadapi komplain pelanggan dalam bisnis online yang bisa kami infokan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *